Home » , , » Cara Pemasangan Panel Surya Yang Benar

Cara Pemasangan Panel Surya Yang Benar

Posted by Distributor PV on Sabtu, 16 November 2019

Cara Pemasangan Panel Surya Yang Benar


Anda yang mengunjungi blog dan membaca artikel tentang Cara Pemasangan Panel Surya Yang Benar pasti ada rencana untuk memasang panel surya sendiri atau ingin menjadi teknisi di Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

Baca: Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Listrik Tenaga Surya

Kebanyakan pengguna panel surya di negara lain dan juga Indonesia mereka lebih menginginkan untuk memasangnya di atap rumah. Kenapa? Karena panel surya dapat menerima cahaya matahari lebih banyak sehingga energi yang di dapatpun semakin banyak pula.

Hitung sesuai kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan supply energi listrik berbeda-beda, jadi untuk menghindari listrik yang secara tiba-tiba menjadi ngedrop ada beberapa tahapan yang harus di lakukan seperti menghitung berapa watt total keseluruhan, berapa jam rata-rata waktu pemakaian, apa saja barang elektronik yang akan digunakan dan lain sebagainya.

Siapkan komponen yang dibutuhkan

Setelah semua kebutuhan telah dihitung secara rinci langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan komponen atau peralatannya seperti panel surya, baterai, penyangga, kontroler, inverter serta peralatan keamanan lain seperti Circuit Breaker untuk menghindari terjadinya konsleting yang mengakibatkan kebakaran.

Gunakan komponen yang memiliki kualitas yang bagus dan juga bergaransi untuk agar tidak cepat rusak yang akan merugikan anda.

Untuk mengetahui baik buruknya suatu produk, bukan dilihat dari berapa harganya, namun seberapa bagus rating yang diberikan oleh pengguna. Atau paling gampangnya kebanyakan orang memakai produk yang seperti apa.

Pasang sesuai dengan rencana

Cara Pemasangan Panel Surya Yang Benar selanjutnya adalah memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya sesuai dengan yang sudah di rencanakan. Setiap modul PV di hubungkan baik secara pararel maupun seri sesuai dengan spesifikasi inverter.

Agar rangkaian PLTS anda menjadi lebih aman pasang alat tambahan berupa proteksi untuk mencegah hal yang tidak di inginkan seperti overcharge dan juga mencegah kerusakan bia ada petir.

Konsultasi kepada yang ahli

Bagaimanapun seorang pemula tetap membutuhkan bimbingan dari yang sudah ahli dibidangnya. Terlebih untuk pemasangan panel surya yang memang butuh ketelitian dan juga kehati-hatian dalam mengkoneksikan, berkonsultasi kepada pakarnya adalah cara terbaik untuk mendapatkan penilaian apakah cara pemasangannya sudah aman dan layak untuk di gunakan.

Bila semua sudah di pasang dan dilakukan pengecekan ulang kini saatnya pengetesan sudah bisa dilakukan. Pembangkit Listrik Tenaga Surya sangat ramah terhadap lingkungan. Selain itu tidak ada biaya operasional yang perlu di keluarkan dalam jumlah besar dan lebih minim terhadap perawatan.

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini tentang Cara Pemasangan Panel Surya Yang Benar, semoga ulasan yang sudah saya tuliskan bisa memberikan anda manfaat.

Thanks for reading & sharing Distributor PV

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami Di

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog