Home » , , » Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Listrik Tenaga Surya

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Listrik Tenaga Surya

Posted by Distributor PV on Jumat, 08 November 2019


Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Listrik Tenaga Surya
Anda tentu sudah tahu manfaat listrik sangat banyak sekali, bisa untuk menyalakan peralatan yang memudahkan pekerjaan, hiburan dan lain sebagainya. Pernahkah anda ketika sedang menggunakan listrik kemudian tiba-tiba mati? Tentu sangat kesal kan?

Untuk mengatasi masalah akibat listrik padam mereka memasang generator/genset dirumahnya, akan tetapi tetap ada keluhan karena biaya untuk bahan bakarnya yang terlalu mahal dan boros. Di zaman yang semakin modern dan canggih sekarang ini sudah saatnya menggunakan energi listrik yang lebih ramah lingkungan yaitu panel surya/solar panel. Pada artikel ini saya akan menjelaskan apa saja Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Listrik Tenaga Surya?

Keuntungan

Ramah lingkungan

Kenapa panel surya bisa dikatakan ramah lingkungan? karena solar panel tidak menggunakan bahan bakar apapun sehingga tidak mengeluarkan polusi apapun seperti generator berbahan bakar fosil. Maka jangan heran bila ada banyak negara yang berbondong-bondong membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebagai energi alternatif yang di anggap lebih ramah terhadap lingkungan.

Dengan berganti ke energi alternatif tenaga surya, tentu saja ada tujuan tertentu yaitu untuk mencegah terjadinya pemanasan global yang bisa mengakibatkan perubahan iklim seketika.

Tidak mengeluarkan suara

Panel surya memproduksi energi tanpa ada pergerakan sama sekali sehingga suasana tidak menjadi bising dan mengganggu waktu istirahat. Mungkin salah satu dari anda yang membaca artikel ini pernah ada yang menggunakan generator berbahan bakar dan merasa terganggu karena suaranya.

Kini sudah saatnya memasang pembangkit listrik yang lebih ramah lingkungan dan juga tidak berisik meskipun sedang memproduksi energi.

Tidak pernah habis

Sumber energi dari sang surya tentu tidak akan pernah ada habisnya. Maka dari itu para perusahaan yang bergerak di bidang teknologi berfikir keras mengenai bagaimana cara agar bisa menghasilkan energi yang tidak akan pernah habis dan juga ramah terhadap lingkungan.

Sudah banyak negara-negara maju kini mulai beralih ke energi alternatif termasuk juga di Indonesia. Indonesia setiap hari menerima paparan sinar matahari secara langsung yang cukup banyak, sehingga sangat memungkinkan untuk bisa menghasilkan energi listrik yang lebih banyak dari sang surya.

Tidak terlalu butuh perawatan

Tidak seperti generator berbahan bakar pada umumnya, panel surya tidaklah butuh perawatan yang terlalu mendetail dan rumit. Perawatan sederhana yaitu mulai dari membersihkan panel dari debu yang menumpung menggunakan air supaya tidak ada yang menghalangi cahaya untuk masuk dan di proses untuk menjadi energi listrik oleh cell surya.

Kerugian

Biaya pembangunan mahal

Biaya pemasangan PLTS memang terbilang sangat mahal, sehingga setiap negara yang hendak melakukan pembangunan berfikir keras untuk yakin berinvestasi di panel surya.

Daya menurun ketika mendung

Hal ini masih menjadi problem oleh banyak pengguna PLTS skala rumahan maupun besar, mereka mengeluhkan ketika sedang musim hujan awan sering menutupi matahari sehingga energi yang di hasilkan menjadi sangat menurun.

Diantara kekurangan dan kelebihan tersebut tentu saja masih ada banyak kelebihanny bila di bandingkan dengan generator berbahan bakar, sebab ketika anda memasang panel surya tidak perlu lagi repot membeli bahan bakar agar bisa di gunakan.

Itulah pembahasan mengenai Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Listrik Tenaga Surya, semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Distributor PV

Previous
« Prev Post
Oldest
You are reading the latest post

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami Di

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog