Home » , , » Cara Menghitung Kebutuhan Solar Charger Contoller Panel Surya

Cara Menghitung Kebutuhan Solar Charger Contoller Panel Surya

Posted by Distributor PV on Selasa, 19 November 2019

Cara Menghitung Kebutuhan Solar Charger Contoller Panel Surya
Bagi anda para pengguna energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya perlu diketahui pentingnya Solar Charger Controller (SCC) sebagai perangkat penting untuk keamanan pada baterai anda.

Baca: Cara Menghitung Daya Listrik Tenaga Surya

Sebelum saya membahas lebih dalam sebaiknya ada ketahui dulu fungsi dan manfaat kontroler pada panel surya.

Solar Charge Contoller berguna untuk mengontrol pengisian daya dari panel surya agar tidak melebihi kapasitas baterai yang dapat merusak baterai itu sendiri. Kontroler dapat memutus pengisian ketika baterai sudah penuh dan akan menghubungkan kembali ketika daya sudah berkurang secara otomatis.

Untuk anda yang masih pemula dalam energi terbarukan tenaga surya, hendaknya mengetahui Cara Menghitung Kebutuhan Solar Charger Contoller secara tepat.

Perlu untuk diketahui bahwa spesifikasi di tiap-tiap panel surya itu berbeda-beda, anda dapat melihat label yang ada pada bagian belakang modul. Saya contohkan spesifikasi panel surya 100WP yang ada digudang kami pada gambar dibawah ini.


Selain itu untuk menentukan berapa kebutuhan SCC yang ideal untuk kapasitas 100WP juga harus dilihat secara detail pada brosur spesifikasi didalamnya. Yang paling di rekomendasikan yaitu SCC yang memiliki kapasitas maksimal arus melebihi dari rangkaian panel surya. Intinya total maksimal arusnya harus lebih besar dari panel surya.

Bila saya gunakan panel surya 100WP maka SCC yang akan kami gunakan 10A. Kenapa? sebab Current at Pmax (IMP) hanya 5,70A.


Untuk kapasitas anda juga harus memperhatikan apakah 12v, 24v? Beberapa jenis kontroler sudah memiliki ukuran voltase yang otomatis jadi bisa digunakan untuk tegangan 12V dan juga 24V.

Itulah Cara Menghitung Kebutuhan Solar Charger Contoller Panel Surya yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa memberi anda manfaat.

Thanks for reading & sharing Distributor PV

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami Di

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog