Home » , , » Cara Melakukan Perawatan Solar Panel Yang Benar

Cara Melakukan Perawatan Solar Panel Yang Benar

Posted by Distributor PV on Jumat, 22 November 2019


Meskipun Pembangkit Listrik Tenaga Surya bisa dikatakan minim dengan perawatan namun perlu untuk anda ketahui Cara Melakukan Perawatan Solar Panel Yang Benar ketimbang harus menyuruh teknisi agar anda tidak mengeluarkan uang jasa.

Bila waktu pemasangan solar panel dengan jasa, maka ada bonus gratis perawatan oleh pihak pemborong tersebut. Jadi sebelum anda melakukan sendiri manfaatkan perawatan gratis sambil anda belajar bagaimana cara melakukannya.

Baca: Harga Lampu Jalan Tenaga Surya Satu Set

Untuk perawatan biasanya dibagi menjadi 4 yaitu harian, mingguan, bulanan dan juga tahunan. Bila anda belum paham mari kita simak sama-sama bagaimana cara melakukannya.

Harian

Mengapa system Pembangkit Listrik Tenaga Surya dilakukan perawatan harian karena tidak adanya komponen yang bergerak. Pengecekkan biasanya dilakukan pada bagian permukaan solar panel apakah masih dalam keadaan norma, ada debu maupun bayangan yang menutupi.

Selain itu ada pengecekkan dibagian system penting lainnya seperti kontroler, baterai apakah semua bekerja sesuai dengan prosedur. Hal ini dilakukan dengan tujuan keamanan.

Mingguan

Untuk melakukan pengecekan mingguan, anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus memanggil penyedia jasa service. Cara melakukannya juga terbilang sangat mudah, anda tinggal meniru cara pertama dan bila ada kejanggalan bisa menghubungi penyedia jasa service untuk dilakukan lebih lanjut.

Bulanan

Dalam waktu satu bulan biasanya permukaan solar panel sudah tertutupi oleh debu, jadi anda bisa membersihkannya dengan air dan handuk halus supaya tidak menggores permukaan panel tersebut.

Bila ada tumbuhan yang menghalangi cahaya matahari sebaiknya singkirkan penghalang tersebut agar kinerja panel surya lebih maksimal dan menghasilkan listrik yang lebih banyak lagi.

Cek seluruh bagian pada kabel, system output, kontroler dan juga aki. Pastikan semua dalam keadaan normal, untuk lebih amannya panggil penyedia jasa berpengalaman agar dilakukan lebih mendetail.

Tahunan

Bila penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya sudah mencapai kurun waktu satu tahun, sudah saatnya anda melakukan pengecekkan satu persatu panel surya tersebut. Cek secara detail apakah tidak ada bagian yang retak, bila ada kerusakan segera klaim garansi tersebut kepada pihak penjual.

Pengecekkan tahunan butuh ketelitian, jadi alangkah baiknya kalau anda meminta bantuan kepada ahlinya. Semua peralatan pendukung dan juga keamanan biasanya sudah mengalami sedikit perubahan sehingga dibutuhkan kepastian apakah masih layak untuk digunakan.

Energi terbarukan tenaga surya kini banyak dilirik oleh berbagai kalangan termasuk di indonesia. Hal ini dikarenakan seringnya pemadaman terutama pada saat musim hujan agar memiliki peralatan backup bila sedang mengalami pemadaman.

Baca: Cara Menghitung Daya Listrik Tenaga Surya

Sampai disini artikel yang dapat kami tuliskan pada kesempatan kali ini tentang Cara Melakukan Perawatan Solar Panel Yang Benar, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Thanks for reading & sharing Distributor PV

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami Di

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog