Home » , , » Penyebab Tegangan Genset Tidak Stabil Dan Cara Memperbaikinya

Penyebab Tegangan Genset Tidak Stabil Dan Cara Memperbaikinya

Posted by Distributor PV on Senin, 18 November 2019


Penyebab Tegangan Genset Tidak Stabil Dan Cara Memperbaikinya
Tegangan listrik yang tidak stabil memiliki dampak buruk pada peralatan elektronik anda, ada berbagai penyebab yang harus dilakukan pengecekkan lebih lanjut agar tegangan kembali normal. Ingin tahu cara mengatasinya? yuk simak artikelnya dibawah ini.

Baca: Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Listrik Tenaga Surya

Ada dua kemungkinan dari terjadinya Tegangan Genset Tidak Stabil yaitu bisa dari mesin penggerak maupun generator itu sendiri.

Lakukan pengecekkan pada mesin penggerak terlebih dahulu apakah putarannya normal atau tidak. Cara melakukannya juga cukup mudah yaitu bisa didengar dari suaranya. Perlu anda ketahui putaran mesin yang normal untuk Genset adalah 1500rpm, apabila putaran melebihi atau kurang dari 1500rpm berarti sudah diperlukan perbaikan.

Untuk memperbaikinya anda dapat menghubungi teknisi spesialis mesin atau bisa juga dilakukan sendiri dengan cara berikut ini:

  1. Bersihkan filter bahan bakar, karena filter yang kotor juga bisa salah satu penyebab mesin menjadi tidak normal.
  2. Periksa bahan bakar didalam tangki, beberapa orang telah mengalami bahan bakar kotor yang membuat putaran tidak langsam.
  3. Pastikan busi masih dalam keadaan baik, bila dirasa kurang meyakinkan bisa coba untuk diganti dengan yang baru.
  4. Periksa selang bahan bakar dari tangki ke mesin dan pastikan tidak ada kotoran yang dapat menghambat aliran bbm.
Lakukan pengecegan pada generator

Apabila mesin sudah dicek dan dinyatakan tidak ada masalah, langkah kedua anda dapat mengecek generator secara teliti.

Periksa semua sambungan kabel, terminal dan keluaran dari genset serta pastikan semua masih dalam keadaan bagus. Perlu di ingat bahwa kabel sambungan kabel serta kulit yang mengelupas bisa mengakibatkan hubungan singkat. Selain itu juga dapat mengganggu aliran listrik yang akan anda gunakan.

Mengecek AVR

AVR adalah singkatan dari Automatic Voltage Regulator yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan pada genset ketika tegangan yang sering berubah-ubah.


Coba rubah settingan pada AVR tersebut apakah tegangan bisa stabil, bila hasilnya tetap sama anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Sampai disini artikel yang dapat kami sampaikan kepada anda tentang Penyebab Tegangan Genset Tidak Stabil Dan Cara Memperbaikinya, semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Distributor PV

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami Di

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog