Home » , , » Cara Memasang Saklar Gantung Dengan Mudah

Cara Memasang Saklar Gantung Dengan Mudah

Posted by Distributor PV on Jumat, 08 November 2019

Cara Memasang Saklar Gantung Dengan Mudah

Cara Memasang Saklar Gantung Dengan Mudah
Fungsi dari saklar baik tempel maupun gantung adalah sama, yaitu untuk memotong dan menghubungkan arus listrik. Saklah sendiri tentunya dapat di aplikasikan untuk berbagai kebutuhan bisa untuk lampu, kipas, AC, pompa air dan lain sebagainya.

Saklar gantung memiliki ukuran yang sangat kecil dan bentuknyapun cukup berbeda dengan saklar model lain, akan tetapi tetap memiliki fungsi yang sama.

Untuk cara pemasangannya sebetulnya sangat mudah di lakukan, akan tetapi bagi anda yang belum pernah melihat sudah pasti ada rasa khawatir untuk melakukannya sendiri.

Nah sebelum di mulai hendaknya siapkan dulu beberapa alat yang di butuhkan berikut ini:


  1. Tang potong
  2. Solasi hitam
  3. Kabel
  4. Taspen
  5. Sklar
Tes
Bila anda ingin menambahkan saklar untuk pada perangkat yang sudah terpasang dan terkoneksi sebelumnya, sebaiknya tes terlebih dahulu menggunakan taspen agar bisa tahu apakah masih ada aliran listriknya atau tidak.

Hal ini penting untuk di perhatikan karena setiap teknisi di kelistrikan tentunya harus ekstra hati-hati dalam mengerjakan.

Matikan aliran dari meteran
Supaya lebih aman dari sengatan listrik, anda juga memutus aliran terlebih dahulu dari meteran listrik. Cara ini di peruntukkan untuk anda yang memang baru pertama kali akan memasang saklar.

Pada bagian pemasangan biasanya para pemula masih sering keliru mengkoneksikan antara kabel untuk aliran (+) dan (-) yang bisa mengakibatkan korsleting.

Bagian yang tepat untuk di pasang saklar adalah pada kabel (-). Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Sumber: tehnikmesin
Sudah paham?

Bila sudah potong kabel sesuai dengan kebutuhan untuk di hubungkan dari saklar. Saya ingatkan lagi, jangan menghubungkan (+) (-) pada saklar karena itu bisa berbahaya.

Setelah semua tersambung dengan benar dan sudah di cek, nyalakan listrik kembali dari meteran dan di coba apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum..

Itulah Cara Memasang Saklar Gantung Dengan Mudah, semoga bermanfaat untuk anda.

Thanks for reading & sharing Distributor PV

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami Di

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog